Profil Sidney Sheldon & Karyanya

profil-sidney-sheldon.jpg

Tentang Penulis: Sidney Sheldon

Sidney Sheldon (11 Februari 1917 – 30 Januari 2007), lahir dengan nama Sidney Schechtel di Chicago, Illinois dari ayah seorang Yahudi-Jerman dan ibu seorang Yahudi-Rusia. Ia adalah seorang pengarang Amerika yang memperoleh sejumlah penghargaan dalam tiga bidang kariernya — sebagai penulis drama Broadway, pengarang skenario TV dan film Hollywood, dan novelis yang laris. Karyanya dalam industri televisi membentang dalam periode 20 tahun dimana ia menciptakan The Patty Duke Show (1963-1966), I Dream of Jeannie (1965–70) dan Hart to Hart (1979–84), namun ia menjadi yang paling terkenal setelah ia berusia 50, menulis novel laris seperti Master of the Game (1982), The Other Side of Midnight (1973) and Rage of Angels (1980). Sheldon adalah penulis paling laris ketujuh sepanjang masa.

Awal karirnya dimulai pada tahun 1937 ketika Sheldon pindah ke Hollywood, California di mana ia meninjau ulang naskah-naskah dan berkolaborasi pada sejumlah film B. Sheldon terdaftar di militer selama Perang Dunia II sebagai pilot dalam War Training Service, sebuah cabang dari Army Air Corps, kemudian ia kembali ke kehidupan sipil, pindah ke New York City, di mana ia mulai menulis musikal untuk panggung Broadway sambil terus menulis skenario untuk kedua studio MGM dan Paramount Pictures. Keberhasilannya di Broadway membawanya kembali ke Hollywood di mana tugas pertamanya adalah film The Bachelor and the Bobby-Soxer, yang membuatnya mendapatkan Academy Award untuk Best Original Screenplay tahun 1947. Ketika televisi menjadi media populer baru, ia memutuskan untuk mencoba terjun ke dalamnya.

Pada tahun 1969, Sheldon menulis novel pertamanya, The Naked Face, yang membuatnya mendapatkan nominasi Edgar Allan Poe Award dalam kategori Novel pertama terbaik. Novel berikutnya, The Other Side of Midnight, naik ke peringkat satu dalam The New York Times Best Seller list. Sebagian besar pembacanya adalah perempuan, ketika ditanya mengapa demikian, Sheldon menjawab: “Saya ingin menulis tentang wanita, sosok yang berbakat dan cakap, namun yang paling penting, mempertahankan feminitas mereka, wanita memiliki kekuatan yang luar biasa – feminitas mereka, karena laki-laki tidak bisa hidup tanpa itu”.

**

Daftar karya Sidney Sheldon
*.The Naked Face, 1970 (Wajah Sang Pembunuh)
*.The Other Side of Midnight, 1973 (Lewat Tengah Malam)
*.A Stranger in the Mirror, 1976 (Sosok Asing dalam Cermin)
*.Bloodline, 1977 (Garis Darah)
*.Rage of Angels, 1980 (Malaikat Keadilan)
*.Master of the Game, 1982 (Ratu Berlian)
*.If Tomorrow Comes, 1985 (Bila Esok Tiba)
*.Windmills of the Gods, 1987 (Kincir Angin Para Dewa)
*.The Sands of Time, 1988 (Butir-butir Waktu)
*.Memories of Midnight, 1990-1991 (Padang Bayang Kelabu)
*.The Doomsday Conspiracy, 1991 (Konspirasi Hari Kiamat)
*.The Stars Shine Down, 1992 (Kilau Bintang Terangi Bumi)
*.Nothing Lasts Forever, 1994 (Tiada yang Abadi)
*.Morning, Noon and Night, 1995 (Pagi, Siang dan Malam)
*.The Best Laid Plans, 1997 (Rencana Paling Sempurna)
*.Tell Me Your Dreams, 1998 (Ceritakan Mimpi-mimpimu)
*.The Sky is Falling, 2001 (Langit Runtuh)
*.Are You Afraid of the Dark?, 2004 (Apakah Kau Takut Gelap?)
*.The Other Side Of Me (2005)

Buku yang berjudul “Catoplus Terror” dan “The Pavid Pavilion” konon dikarang oleh Sidney Sheldon, tetapi buku ini tidak muncul dalam situs resmi Sheldon. Ada yang mengatakan bahwa buku itu ditulis oleh orang lain yang menggunakan nama yang sama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s